Back To Top
  /  Media   /  ModestFFFUND 2021 Digelar, Kemenparekraf Dorong 20 Brand Fashion Go Global

ModestFFFUND 2021 Digelar, Kemenparekraf Dorong 20 Brand Fashion Go Global

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi virus corona (Covid-19) turut berdampak pada seluruh sektor penopang perekonomian, termasuk industri ekonomi kreatif (ekraf).

Salah satu sub-sektor ekraf yang paling terhantam pandemi ini adalah bidang fashion.

Oleh karena itu, diperlukan langkah strategis dalam mendorong agar industri fashion bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) pun akhirnya kembali menggelar Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFUND) 2021 sebagau langkah strategis dalam menyelamatkan sektor ekraf ini.

Program ModestFFFUND sebenarnya telah digelar Kemenparekraf/Baparekraf secara tahunan sejak 2019 lalu namun sempat terhenti pada 2020 karena munculnya pandemi Covid-19.

Dalam ModestFFFUND 2021, sebanyak 20 brand memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dari praktisi maupun mereka yang ahli di bidang bisnis fashion melalui sesi workshop yang digelar secara offline maupun online.

Ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mereka dari sisi pengelolaan keuangan maupun kreativitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun berharap para finalis ini mampu meningkatkan skala bisnis modest fashion ke tingkat global.

Karena pada 2024 mendatang, Indonesia memiliki target untuk menjadi negara produsen sekaligus pengekspor produk halal terbesar di dunia.

“Harapannya saya bahwa kita go international, karena Indonesia kan targetnya menjadi produsen halal terbesar di dunia tahun 2024, tapi per hari ini, kita pengimpor produk-produk halal terbesar di dunia dan pengekspor terbesarnya justru Brazil, nah ini kita harus ubah,” ujar Sandiaga, dalam sambutannya pada final ModestFFFUND 2021 yang digelar secara hybrid (online dan offline) di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021) sore.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo mengatakan bahwa brand yang terpilih ini tentunya merupakan brand yang memiliki merek serta prospek bisnis yang kuat.

“Kami sadar bahwa masih sedikit brand yang bisa kuat secara seimbang baik dari sisi fashion dan bisnis. Harapan kami semoga ModestFFFUND bisa benar-benar melahirkan para bintang baru yang bisa menjadi aset kebanggaan negeri di kemudian hari,” kata Fadjar.

Fadjar menambahkan, 20 merek yang menjadi finalis ini telah mendapatkan pembekalan berbagai pengetahuan terkait fashion yang diajarkan secara langsung oleh para praktisi dan expert dalam rangkaian workshop online dan offline sejak 19 hingga 3 April lalu.

20 brand tersebut meliputi Khanaan Shamlan, Tatuis, Sylvie Romy, Yumnasa, Kakha Series, Ederra Indonesia, Estetik Batik, Celosia Etnik, Ritz Syari, Afsheen Syadza, Ranuni, Markonah, Hia Everywear, Zly & Bellichi, My Daily Hijab, GKarawo, Ozzy Batik, Wiranti Kurnia, Jawade dan Dama Kara.

Sementara itu, Co-Founder #Markamarie yang merupakan mentor utama dan co-inisiator program ini, Franka Soeria, menjelaskan bahwa tahun ini ModestFFFUND lebih menekankan pada sisi digital.

Hal ini terbukti melalui kerja sama antara ModestFFFUND dengan Tokopedia untuk melaksanakan bazaar online pada 5 hingga 6 Mei 2021 bertajuk ‘Ramadan in Style X ModestFFFUND”.

Ia pun berharap program ini dapat memperluas jaringan 20 brand ini agar bisa ditingkatkan ke skala global.

“ModestFFFUND 2021 sangat all-out memberikan pendampingan langsung dari para praktisi. Para finalis tidak hanya berasal dari Jakarta namun juga daerah. Kami harap bukan hanya mereka menjadi lebih kaya ilmu namun juga program ini dapat membuka network baru yang sangat berguna bagi bisnis mereka di kemudian hari,” kata Franka.

20 karya para desainer yang terpilih itu pun turut ditampilkan dalam panggung final ModestFFFUND 2021.

Dalam acara ini, Menparekraf/Baparekraf Sandiaga Uno serta sang istri, Nur Asia Uno turut tampil dalam balutan karya yang didesain oleh finalis program ini.

Begitu pula Wakil Menteri Parekraf/Baparekraf Angela Tanoesoedibjo yang tampil simple namun elegan mengenakan busana rancangan finalis ModestFFFUND 2021.

Dalam acara Final ModestFFFUND ini, dilakukan pula penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara BSI (Bank Syariah Indoneia) dengan Kemenparekraf/Baparekraf.

Sumber https://www.tribunnews.com/lifestyle/2021/05/06/modestfffund-2021-digelar-kemenparekraf-dorong-20-brand-fashion-go-global?page=all

Post a Comment